• Senin-Jum'at: 7am-16pm
  • JL. Alianyang No. 7B Pontianak
  • dlh@pontianak.go.id
  • FAQs
blog

UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kota Pontianak Memperoleh Hasil Satisfactori dalam Uji Banding Antar Laboratorium

Pontianak, 21 Desember 2023 - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak telah mengikuti uji banding antar laboratorium yang diselenggarakan oleh UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Banyuwangi. Acara ini diikuti oleh 59 laboratorium dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Tujuan dari uji banding ini adalah untuk mengevaluasi kinerja laboratorium-laboratorium yang terlibat dalam pengujian, dengan fokus pada matriks uji banding berupa air limbah. UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kota Pontianak aktif berpartisipasi dalam uji banding ini dengan mengikuti 7 parameter uji, yakni Nitrit, Logam Cadmium (Cu), Logam Tembaga (Cu), Logam Besi (Fe), Logam Mangan (Mn), Logam Seng (Zn), dan Logam Timbal (Pb). Proses pengujian dilakukan dalam rentang waktu 11 - 27 September 2023.

Setelah dilakukan evaluasi kinerja oleh penyelenggara uji banding, UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kota Pontianak berhasil mencapai hasil yang memuaskan (satisfactory) untuk semua parameter yang diikutsertakan. Hasil ini memastikan bahwa hasil pengujian yang dilakukan di UPT laboratorium Lingkungan DLH Kota Pontianak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.