• Senin-Jum'at: 7am-16pm
  • JL. Alianyang No. 7B Pontianak
  • dlh@pontianak.go.id
  • FAQs
blog

Inovasi POLIS UPT Laboratorium Raih Juara Harapan III dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Pontianak 2023

Pontianak, 29 November 2023 - Pontianak Laboratory Information System (POLIS), inovasi dari Unit Pelaksaana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan yang merupakan sistem pelayanan online dalam melayani pelayanan pengambilan sampel lingkungan dan pengujian sampel lingkungan kepada instansi terkait, pelaku usaha, akademisi maupun masyarakat, meraih prestasi membanggakan dengan meraih Juara Harapan III dalam kelompok UPT pada kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat kota Pontianak tahun 2023. Final kompetisi yang diadakan pada tanggal 20-21 November 2023, berlangsung di Pontive Center dan dihadiri oleh sejumlah peserta yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kelompok UPT.

Para peserta kompetisi ini diharapkan untuk menghadirkan inovasi yang mampu meningkatkan efektivitas dan kualitas pelayanan publik di berbagai sektor. POLIS, sebagai solusi terbaru dari UPT Laboratorium, berhasil menyita perhatian juri dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat, Pontianak Post, dan Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh 46 proposal, 16 di antaranya berasal dari kelompok UPT. POLIS, dengan konsep sistem informasi laboratorium terintegrasi, membuktikan keunggulannya dalam merespon kebutuhan masyarakat Pontianak akan pelayanan laboratorium yang lebih efisien dan terjangkau.

Dina Angelina, S.Si selaku Kepala UPT Laboratorium, menyatakan bahwa pencapaian ini ini adalah hasil dari dedikasi dan kerja tim UPT Laboratorium dalam mengembangkan POLIS dan berharap POLIS membawa dampak positif bagi masyarakat Pontianak.

Selanjutnya POLIS akan diikutsertakan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2024. Langkah ini diharapkan dapat mengangkat inovasi POLIS ke tingkat yang lebih tinggi dan memberikan kontribusi lebih besar dalam peningkatan kualitas layanan publik di tingkat regional.

Keberhasilan POLIS sebagai juara harapan III juga tidak terlepas dari dukungan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak , Bp. Ir, Sy, Usmulyono, MT yang turut memberikan dukungan dalam proses presentasi di Pontive Center Pontianak.